Senin, 04 Mei 2020

Line up dan produk sepeda terbaru tahun 2020


Apa saja produk sepeda terbaru di tahun 2020? Jenis sepeda apa yang akan menjadi tren di tahun 2020?

Walaupun produk sepeda lokal tidak seheboh produk sepeda luar dalam menyambut pergantian tahun, tetapi saya akan coba untuk merangkum produk-produk andalan dari beberapa pabrikan sepeda lokal untuk tahun 2020 nanti. Kalau untuk merk luar, sejak beberapa bulan sebelum produk banyak yang sudah memberikan produk lengkap untuk 2020 dengan sangat detail, yang bisa kita lihat pada katalog produk mereka, seperti Giant, Lapierre, Cannondale, Merida, dll. Tidak hanya dari produsen sepeda, aksesoris dan komponen sepeda (seperti Fox, O’neal, KTM,dll ) juga sudah merelease katalog produk 2020. Buka link ini untuk katalog dan ebook sepeda.


Trend sepeda 2020

Sepeda jenis apa yang kira-kira akan menjadi trend atau lebih banyak digemari pada 2020. Secara umum, trend sepeda mulai bergeser ke arah sepeda yang lebih spesifik, bukan lagi sepeda yang bisa masuk ke semua area, tetapi orang-orang cenderung menyukai sepeda yang mempunyai karakter khusus.

Single Chainring

Kepopuleran sepeda gunung single chainring (one by atau 1X) akan semakin menjadi. Pabrikan sepeda dunia dan termasuk Indonesia, sudah mulai meninggalkan sepeda dengan triple chainring (baik untuk sepeda gunung maupun sepeda balap). Kebanyakan sepeda keluaran terbaru sudah dengan drivetrain single chainring, beberapa sepeda triple chainring juga masih ada, tetapi lebih untuk level sepeda pemula.
Single chainring adalah sepeda dengan 1 gear/ring sebagai penggerak depan. Keuntungannya adalah sepeda yang simple: tidak ada shifter di handlebar kiri sehingga kita tidak perlu pusing dengan pengaturan gigi. Lebih ringan shifter, kabel, dan chainring cuma satu saja. Membawa sepeda single chainring jauh lebih sederhana dan ringan, dan menyenangkan. Sepeda single chainring ini akan maksimal pada area offroad.
Tetapi kekurangan sepeda single chainring jika adalah bagi sebagian orang tidak bisa ngebut. karena memang chainring yang dipilih biasanya adalah ukuran yang aman untuk area offroad. Makanya sepeda single chainring modern juga sudah mulai beralih ke 12 speed. Sepeda 12 speed yang ada sekarang biasanya menggunakan sprocket besar 50t dan sprocket terkecil 10t. Dengan memakai sprocket ini, sepeda memiliki gear range 500%, sehingga bisa dibawa ke medan offroad berat, tetapi juga bisa untuk ngebut.

Gravel Bike

Gravel bike atau sepeda gravel merupakan jenis sepeda turunan dari sepeda balap. Jika sepeda balap sangat erat dengan jalan aspal, jalan rata, jalan raya, maka sepeda gravel bisa masuk ke jalan tanah atau jalan yang sedikit tidak rata. Bentuk sepeda gravel bike sangat mirip dengan seped balap, dengan bentuk rangka yang aerodinamis dan drop down handlebars. Tetapi kalau dilihat lebih detail, sepeda gravel biasanya memakai rem hidrolik disc brake, bukan rim brake. Sepeda gravel juga mempunyai profil ban yang lebih lebar serta dengan tapak dan stud yang lebih agresif, bentuknya lebih kasar dan menonjol, walaupun tidak seekstrim ban sepeda gunung. Rangkanya juga sebenarnya lebih tebal, atau memakai bahan yang lebih kuat dari rangka sepeda balap biasa.
Desain yang berbeda itu agar gravel bike bisa cukup tangguh untuk menaklukkan jalan offroad ringan dengan kecepatan tinggi. Walaupun jarang, tetapi ada juga gravel bike yang memakai suspensi ringan. Sepeda gravel bike sangat cocok untuk pesepeda yang banyak menghabiskan waktu di jalan aspak, tetapi juga ingin masuk ke jalan-jalan tanah/makadam untuk berkeksplorasi lebih jauh.

Sepeda lipat listrik

Kepraktisan dan keunikan sepeda lipat (folding) bike membuat banyak orang yang suka bersepeda memakai sepeda jenis ini, baik untuk sepeda santai, bike to work, atau sepeda untuk berkeliling kota. Teknologi penggerak listrik tidak hanya berkembang untuk mobil dan motor, sepeda juga ikut menikmati kemajuan dan harga yang semakin murah untuk memproduksi motor listrik.
Sepeda lipat dengan motor listrik atau e folding bike, mulai banyak diproduksi untuk sebuah produk sepeda listrik yang lebih fleksibel dan lebih nyaman. Terutama untuk orang yang tidak ingin capek karena akan bekerja atau fisik yang kurang kuat, tetap bisa menikmati suasana bersepeda dengan kepraktisan sepeda lipat.
Brompton sebagai salah satu pelopr sepeda lipat, sudah mengeluarkan sepeda lipat listrik. Diikuti oleh produsen sepeda lipat lain, termasuk produsen sepeda lipat lokal. Kehadiran sepeda lipat listrik lokal menjadi alternative yang baik di tengah mahalnya harga sepeda lipat listrik impor.

POLYGON

Di tahun 2019 Polygon tidak terlalu banyak mengeluarkan produk baru. Tetapi di tahun 2020, Polygon sepertinya akan memberikan banyak produk sepeda modern. Beberapa produk di bawah sudah ada yang dijual di toko sepeda.
Banyak produk-produk sepeda Polygon yang mengalami upgrade dengan komponen dan teknologi terbaru. Hal ini penting untuk diketahui agar kalau kita membeli sepeda Polygon, jangan sampai membeli model lama yang masih menggunakan komponen dan teknologi lama, padahal yang kita inginkan adalah sepeda yang terbaru, perhatikan selalu tahun pembuatan sepeda dan bandingkan dengan keluaran terbaru. Sepeda Polygon keluaran terbaru biasanya lebih bagus karena biasanya harganya sama tetapi sudah memakai teknologi dan komponen yang lebih baru.

Sepeda Gunung XQUARONE EX9 – Harga Rp. 102.000.000

Sepeda Gunung Polygon XQUARONE EX9 2019
Sepeda Gunung Polygon XQUARONE EX9 2019
Salah satu sepeda termahal United yang mendapat penyegaran dari versi lamanya, tetap memakai groupset memakai SRAM XX1 Eagle 12-speed, tetapi dengan warna yang baru.
Spesifikasi Polygon XQUARONE EX9

Sepeda Gunung XQUARONE EX7 – Harga Rp. 65.000.000

Sepeda Gunung Polygon XQUARONE EX7 2019
Sepeda Gunung Polygon XQUARONE EX7 2019
Spesifikasi Polygon XQUARONE EX7

Sepeda Gunung Siskiu D7 – Harga Rp. 14.000.000

Sepeda Gunung Polygon SISKIU D7 2019
Sepeda Gunung Polygon SISKIU D7 2019
Siskiu D7 2020 sudah memakai sistem penggerak single chainring, beberapa komponen sudah memakai Shimano SLX, dan bobot yang lebih ringan dari Siskiu D7 sebelumnya.
Spesifikasi Polygon Siskiu D7

Sepeda Gunung Siskiu D5 – Harga Rp. 8.350.000

Siskiu D5 merupakan level kedua dari type Siskiu dibawah Siskiu D7. Perubahan utama pada generasi 2020 adalah sudah memakai double chainring, tidak lagi memakai triple chainring.
Spesifikasi Polygon Siskiu D5

Sepeda Gunung Listrik Entiat E – Harga Rp. 50.000.000

Tidak hanya warnanya yang berbeda, sepeda listrik Polygon Entiat E 2020 juga memakai bottom bracket motor yang berebeda dari sepeda listrik Entiat E sebelumnya.
Sepeda Gunung Polygon ENTIAT-E 2020
Sepeda Gunung Polygon ENTIAT-E 2020
Spesifikasi Polygon Entiat E

Sepeda Gunung Xtrada 8 – Harga Rp. 11.800.000

Sepeda Gunung Polygon XTRADA 8 2019
Sepeda Gunung Polygon XTRADA 8 2020
Spesifikasi Polygon Xtrada 8

Sepeda Gunung Xtrada 6 1×10 – Harga Rp. 6.800.000

MTB singel chainring terbaru ini sekarang memakai Shimano Deore M6000, dari yang sebelumnya memakai M610.
Spesifikasi Polygon Xtrada 6 1x10

Sepeda Gunung Xtrada 5 – Harga Rp. 5.500.000

Sepeda Xtrada 5 merupakan salah satu sepeda yang paling sering diupgrade oleh Polygon. Pada tahun 2020, perubahan sedikit pada kelas komponen Shimano Alivio.
Spesifikasi Polygon Xtrada 5

Sepeda Gunung Premier 5 – Harga Rp. 4.500.000

Sepeda Gunung Polygon PREMIER 5 2019
Sepeda Gunung Polygon PREMIER 5 2020
Spesifikasi Polygon Premier 5

Sepeda Gunung Premier 4 – Harga Rp. 3.950.000

Spesifikasi Polygon Premier 4

Sepeda Gunung Cascade 4 – Harga Rp. 3.300.000

Sepeda Gunung Polygon CASCADE 4 2019
Sepeda Gunung Polygon CASCADE 4 2020
Spesifikasi Polygon Cascade 4

Sepeda Gunung Cascade 2 – Harga Rp. 2.600.000

Spesifikasi Polygon Cascade 2

Sepeda Balap STRATTOS S8 DISC BRAKES – Harga Rp. 25.500.000

Sepeda Balap Polygon STRATTOS S8 DISC BRAKES
Sepeda Balap Polygon STRATTOS S8 DISC BRAKES
Jika sebelumnya Strattos hanya sampai Strattos 7, maka sekarang sudah ada Strattos S8 yang menggunakan disc brake. Secara komposisi dan komponen, sepeda Strattos S8 bisa dikategorikan sebagai sepeda gravel.
Spesifikasi Polygon STRATTOS S8 DISC BRAKES

Sepeda Balap STRATTOS S7 DISC BRAKES – Harga Rp. 19.950.000

Strattos 7 sudah tidak memakai rim brake lagi seperti sebelumnya. dengan harga hampir 20 juta, sepeda ini sudah menggunakan rangka karbon tetapi masih lebih berat sebenarnya dari Strattos 7 generasi sebelumnya. karena memakai komponen yang lebih kuat dan sedikit lebih lebar agar lebih kokoh pada jalan tanah.
Spesifikasi Polygon STRATTOS S7 DISC BRAKES

Sepeda Balap STRATTOS S5 DISC BRAKES – Harga Rp. 14.250.000

Sepeda Balap Polygon STRATTOS S5 DISC BRAKES
Sepeda Balap Polygon STRATTOS S5 DISC BRAKES
Walaupun menggunakan rangka berbahan ALX, sepeda ini beratnya masih di bawah 10kg, dan menggunakan 22 speed.
Spesifikasi Polygon STRATTOS S5 DISC BRAKES

Sepeda Listrik PATH E5 LADY / GENT – Harga Rp. 19.900.000

Sepeda Listrik Polygon PATH E5 LADY 2020
Sepeda Listrik Polygon PATH E5 LADY 2020Versi terbaru untuk sepeda listrik Path, dengan Seri E5. Dikeluarkan untuk edisi sepeda perempuan (lady) dan pria (gents). Harganya jauh lebih murah dari Path 2019 (36 juta).
Spesifikasi Polygon PATH E5 LADY

Sepeda kota PATH 3 – Harga Rp. 5.000.000

Sepeda commutter Path 3 juga mendapatkan facelift dari generasi sebelumnya (2018). Masih tetap dengan triple chainring, cocok untuk dipakai berkeliling kota.
Spesifikasi Polygon Path 3

Sepeda Listrik SAGE V3 – Harga Rp. 13.000.000

City Bike Polygon SAGE V3 2020
City Bike Polygon SAGE V3 2020
Sepeda Polygon Sage V3 merupakan sepeda listrik yang unik. Bentuknya mirip seperti sepeda BMX, tetapi memiliki motor listrik. Sepeda ini diperuntukkan terutama bagi anak atau oarng yang mau ke sekolah atau bekerja, yang belum mempunyai SIM, atau yang ingin lebih aman perjalanannya. Karena seperti sepeda listrik lainnya, kecepatannya dibatasi di 25km/jam, tetapi sepeda ini lebih gesit dan mudah dikontrol dibandingkan sepeda motor.
Spesifikasi Polygon SAGE V3

THRILL

Thrill salah satu yang konsisten untuk mengupdate sepeda mereka. Tidak terlalu banyak produk baru, tetapi selalu ada. Untuk tahun 2020, Thrill juga sudah menyiapkan beberapa produk baru untuk sepeda gunung dan sepeda balap. Secara kualitas, sepeda Thrill termasuk bagus dengan harga yang cukup murah.
Untuk sepeda gunung (MTB) terbaru Thrill, semuanya menggunakan single chainring dengan  gearing 10 atau 11 speed. Mudah-mudahan kita bisa mendapatkan produk sepda 12 speed pada 2020 nanti.
Thrill memang belum terlalu ada memiliki varian sepeda balap selain Thrill Ardent, tetapi tahun 2020 ini Thrill mengeluarkan varian sepeda balap baru, yaitu Thrill ENTHRAL. Ada 5 jenis Enthral yang dibuat, Enthral ELite adalah yang termahal, yang sudah memaki fork berbahan karbon.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar